"BERSATU KITA MAJU UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK"

SMP XAVERIUS CURUP
Akreditasi “A”

(SK Ketua BAS No: 421.2 / 422 / DS / DIKNAS / 2007)
Jalan D.I. Panjaitan No.17 Telp. (0732) 23197

Selasa, 07 September 2010

EKSKUL TEATER SMP XAVERIUS, Mengembangkan Potensi Siswa


“Memang saya siapa kamu. Kamu jangan pernah ganggu saya lagi. Mulai sekarang, kita sudah nggak ada hubungan apa-apa lagi. titik.” Waduh… cut-cut-cut… Ayo dong, mana ekspresinya. Mana mimik mukanya yang marah. Ayo diulang lagi. Oke siap.

 Hmm… kata–kata seperti di atas biasanya sering kita dengar dalam pembuatan film-film. Jika ada kesalahan para pemainnya, sang sutradara biasanya langsung memotong adegan yang tidak sama dengan karakter yang sudah ada dalam skenario. Dan semua itu adalah bagian dari akting.

Yup, bicara tentang akting. Belakangan ini, dunia akting sudah mulai merambah ke sekolah-sekolah. Bahkan, di SMP XAVERIUS CURUP pun telah muncul ekskul teater yang diberi nama TEATER MATA AIR

Terbuka bagi Semua Siswa

Semua murid di sekolah ini punya kesempatan yang sama untuk ikut jadi anggota teater sekolah. Apalagi bagi siswa-siswi yang hobi akting, ekskul satu ini merupakan ekskul favorit yang dapat dijadikan media untuk mengasah bakat di bidang entertainment.

Menurut Ritma Candra Ariesha, S.Pd, Pembina Ekskul Teater Mata Air, saat ini jumlah anggota ekskul teater SMP XAVERIUS CURUP sudah mencapai sekitar 50 orang. Wah, cukup banyak ya. Mereka ini berasal dari murid-murid yang masih duduk di bangku kelas 1, 2 dan 3. “Biasanya sih, kita selalu latihan rutin setiap Selasa dan Rabu,” ujar Ritma menambahkan.

Lebih jauh Ritma menjelaskan, pada saat latihan, semua  anggota ekskul teater akan diajarkan bagaimana caranya akting, belajar membuat tema, naskah dan proses rekaman.“Yang jelas banyak ilmu yang didapat dari ekskul teater ini.”

Tak Harus Punya Bakat

Ada beberapa hal yang membuat ekskul teater ini berbeda dengan ekskul lain di sekolah ini. Di sini, para anggota teater dituntut untuk menunjukkan kemampuan diri dalam berakting dan bekerjasama. Biasanya, saat akan tampil akan dilakukan seleksi untuk menentukan siapakah yang cocok untuk memerankan tokoh sesuai tema yang akan dibawakan.

Tapi tenang saja, meski tak jago akting, nggak perlu ragu untuk belajar di teater ini. Yang penting punya niat dan usaha untuk terus belajar, pasti bisa kok. “Karena kalau sering latihan akting lama–lama juga terbiasa kok. Jadi nggak harus yang punya bakat aja yang gabung di sini,” jelas Ritma.

Menurut Ritma, awalnya anggota yang bergabung di ekskul ini tidak semuanya bisa akting dan hampir rata–rata kurang percaya diri untuk tampil di depan orang banyak. Makanya pada saat bergabung siswa juga dididik untuk bisa lebih percaya diri.

“Kalau untuk bakat akting itu bisa diasah jika sering latihan. Di sinilah tempat belajar untuk mengasah bakat dan belajar untuk percaya akan diri sendiri,” pungkas Ritma.

saat 'meditasi' di tengah hujan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar